Pasar Oligopoli
Pengertian Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah pasar yang didalamnya terdapat beberapa perusahaan yang menghasilkan produk yang berbeda atau sama dan bertujuan untuk mencari keuntungan.
Ciri -ciri Pasar Oligopoli
- Banyak pembeli(konsumen)
- Hanya ada beberapa perusahaan,antara 2-10,yang menguasai penawaran suatu barang
- Produk yang dijual mungkin homogen dan mungkin juga berbeda,tetapi memiliki standart tertentu
- Adanya saling ketergantungan kebijakan harga dan kualitas produk,antara satu produsen dan produsen lainnya
- Penggunaan iklan sangat intensif
Hambatan - hambatan Masuk Pasar Oligopoli
- Perbedaan biaya produksi
- Skala ekonomi
- Keistimewaan hasil produksi
Kebaikan Pasar Oligopoli
- Perusahaan terus-menerus berinovasi
- Laba dipasar oligopoli lebih mudah dicapai dibandingkan dengan di persaingan pasar sempurna dan pasar monopolistik
Keburukan Pasar Oligopoli
- harga yang di bayar konsumen terlalu mahal karena promosi dan iklan
- Posisi konsumen sering dilecehkan perusahaan dengan adanya pemufakatan perusahaan
- Pasar oligopoli model Cournot adalah pasar yang produknya hanya dipasok oleh dua perusahaan yang beradapan dengan konsumen
Asumsi - asumsi yang menjadi dasar dari pasar oligopoli model cournot
- Hanya ada dua perusahaan memasok barang di pasar
- Jika sebuah perusahaan telah menentukan tingkat produksinya perubahan tersebut tidak akan mengubahnya
- Setiap perusahaan menerima jumlah produk perusahaan lain sebagai jumlah tetap
- Masing-masing perusahaan berusaha mencari laba
Paket LKS - Sekian dari artikel saya,jika Anda kurang puas dengan jawaban saya,coba Anda tulis komentar di bawah,sekian terima kasih.Wassalamu'alaikum wr.wb
Waaaah bermanfaat sekali gan. Terima kasih
ReplyDeleteOh ya ini ada bisnis pt.atomy indonesia inc gratis untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran ke sini ya
Http://usloveatomy.blogspot.com
Terima kasih