pengertian,unsur-unsur Prosa Fiksi

adsense 336x280

Prosa Fiksi

Paketlks - Assalamu'alaikum,di dalam artikel ini saya akan menjelaskan pengertian,dan unsur-unsur Prosa Fiksi ,untuk itu saya menjelaskan dengan jawaban yang singkat,jelas,dan padat,kali ini langsung saja lihat artikel di bawah ini.

Pengertian

prosa

Prosa adalah karangan bebas yang tidak terikat
Bentuk prosa fiksi berupa novel,cerpen,dongen,roman

Unsur - unsur prosa fiksi

  1. Unsur Intrinsik adalah unsur yang membangun dalam prosa
  2. Unsur Ekstrinsik adalah unsur yang ada di dalam prosa

Unsur Intrinsik terdiri dari :

  1. Tema:Inti cerita atau ide dasar cerita
  2. Amanat:Pesan pengarang yang hendak di sampaikan kepada pembaca
  3. Latar(setting):Gambaran tempat,waktu,suasana yang ada di dalam cerita
  4. Penokohan:Gambaran watak-watak tokoh dengan segala sifatnya
  5. Sudut Pandang:Cara pandang pengarang terhadap cerita(sebagai orang pertama atau orang ketiga)
  6. Alur:Jalan cerita(alur maju,mundur,flashback/kilas balik)

Unsur Ekstrinsik prosa

  1. Biografi pengarang
  2. Keadaan sosial
  3. Latar budaya
  4. Agama
  5. Pendidikan
  6. Moral
  7. Asal pengarang
Paketlks - Sekian dari artikel saya kali ini,jika jawaban saya masih kurang tolong komentar dibawah ini dan jelaskan,agar saya bisa menambahkan lebih detail lagi. Wassalamu'alaikum wr.wb
adsense 336x280

1 Response to "pengertian,unsur-unsur Prosa Fiksi"

  1. Waaaah bermanfaat sekali gan. Terima kasih
    Oh ya ini ada bisnis pt.atomy indonesia inc gratis untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran ke sini ya
    Http://usloveatomy.blogspot.com
    Terima kasih

    ReplyDelete